Saturday, January 31, 2009

http://www.aplusmath.com/games/picture/AddPicture.html


http://www.aplusmath.com/games/picture/AddPicture.html

http://www.alphabet-soup.net/fun/games.html

http://www.alphabet-soup.net/fun/games.html

Monday, January 26, 2009

http://prayudi.freecoolsite.com/content/view/38/28/

Pengenalan Komputer Untuk Anak dan Pemula (7) PDF Print E-mail

By Administrator, on Thursday, 19 May 2005

Views : 1267

Favoured : 24

Published in : Tutorial, IT

Modul 7: Membuat Kartu Ucapan

Pada modul terakhir ini, kita akan mencoba mempraktikkan semua materi yang telah diajarkan di modul-modul terdahulu. Di sini kita akan mencoba membuat kartu ucapan (hari raya, ulang tahun) menggunakan program Microsoft Word. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

1. Buatlah dokumen baru di Word, aktifkan toolbar drawing dengan mengklik tombol Drawing di toolbar atau memilih menu View  Toolbar  Drawing
2. Image Buatlah garis bantu pada posisi 7,5 cm dari kiri (mistar atas) dan 12 cm dari atas (mistar kiri)
3. Image Image Tuliskan nama pengirim pada daerah kanan bawah dengan menggunakan tombol Text Box atau menu Insert  Text Box (lihat gambar kanan)
4. Image Image Atur format Text Box dengan mengklik dua kali pada Text Box. Pada tab Colors and Lines, pilih No Fill pada opsi Fill Color, No Line pada opsi Line Color untuk menghilangkan garis dan background. Kemudian pada Tab Text Box, masukkan nilai 0 untuk setiap nilai Internal Margin
5. Image Sekarang, sisipkan gambar dari Clip Art dengan memilih menu Insert  Picture  ClipArt atau jika menggunakan gambar lain, gunakan Insert Picture From File. Atur penempatan gambar dengan mengklik dua kali pada gambar lalu pada tab Layout pilih In Front of Text
6. Image Ulangi langkah-langkah 3, 4 , dan 5 untuk menyisipkan teks dan gambar pembuat kartu pada bidang kiri bawah. Pakailah teks berukuran 8 - 10 point
7. Untuk bagian dalamya (ucapan), sisipkan WordArt ke bagian atas dengan mengklik tombol Word Art di toolbar Drawing atau pilih menu Insert  Picture  WordArt. Tuliskan ucapan yang diinginkan (Selamat Hari Raya, Ulang Tahun, atau yang lainnya). Lalu putar posisi WordArt dengan mengkliktombol Draw  Rotate or Flip  Free Rotate, sehingga posisinya terbalik.
8. Image Masukkan teks dan gambar ke bagian atas dengan cara yang sama. Sehingga hasilnya akan nampak seperti di bawah ini.
9. Image Kartu ucapan kita sudah selesai! Hapuslah garis bantu vertikal dan horisontal dengan mengklik pada garis dan menekan tombol Delete. Kemudian, cetaklah kartu dengan perintah Ctrl + P atau menu File  Print (lihat modul 6). Setelah tercetak lipatlah kartu menjadi empat dan kartu siap untuk dikirimkan!

Modul ini hanyalah pengantar dan baru sebagian kecil dari penguasaan komputer secara keseluruhan untuk itu, diperlukan latihan lebih lanjut serta belajar dengan sungguh-sungguh agar cepat bisa.

1. Banyak-banyak berlatih dengan modul-modul terdahulu. Jangan cepat menyerah sebelum bisa. Tanyakan hal-hal yang belum dipahami kepada yang lebih tahu
2. Banyak-banyak membaca buku-buku atau majalah komputer untuk menambah pengetahuan
3. Jika berlatih menggunakan komputer milik orang lain, perhatikan sopan santun. Jangan meminjam komputer saat masih dibutuhkan pemiliknya. Jangan memakai terlalu lama. Gunakan komputer pinjaman benar-benar untuk belajar, jangan sekadar main-main. Jagalah kebersihan dan kesehatan komputer pinjaman agar kita masih bisa menggunakannya lain kali.
4. Jangan cepat puas, karena pengetahuan komputer itu sangat luas, dan tidak ada yang mampu menguasai semuanya.
5. Jangan lupa, belajar komputer itu perlu, namun belajar di sekolah yang utama. Belajar komputer setelah pelajaran di sekolah diselesaikan, baik tugas maupun PR.
6. Yang terakhir, kalau dalam penyusunan modul maupun penyampaian materi ini banyak kekurangan, mohon maaf sebesar-besarnya, dan semoga pada kesempatan lain bisa disempurnakan lagi.

Akhir kata. Selamat belajar dan berlatih, adik-adik !
Referensi

Redaksi komputeraktif, 2002. Memudahkan dan Menyenangkan, Pegangan Orangtua untuk Membimbing anak Berkomputer. Jakarta: PT Gramedia
Ucapan Terima Kasih

* Teman-teman sub unit A-5: Agung, Yogo, Wisnu, Dilla, Dona, Deddy, dan Mbak Priska
* Pak Nono sekeluarga (ketua RT 46), atas restu, bantuan, dan pinjaman PC-nya
* Mas Wawan dan Mbak Wiwin atas bantuan tempat dan pinjaman PC-nya
* Adik-adik peserta: Arif, Bowo, Danies+Daniel, Lia, Papin, Rio, Vita, dan Yola
* Warga RT 46, dan RW X umumnya
* Pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu di sini

Open Source

Mengenalkan Open Source pada Anak-anak
Selasa, 10 April, 2007 oleh I Made Wiryana
WP Greet Box icon
X
Welcome Googler! If you find this page useful, you might want to subscribe to the RSS feed for updates on this topic.
You were searching for "materi komputer untuk anak". See posts relating to your search »

* Mengenalkan Open Source pada Anak-anak
Anak-anak dan komputer, makin lama makin sulit dipisahkan. Sekolah yang mengajarkan komputer pada anak-anak juga kian menjamur. Sayangnya para pengajar...
* Riwayat Tetikus Komputer Akan Punah?
Tidak terasa sudah 40 tahun lamanya tetikus alias mouse komputer menemani pengguna komputer. Analis Gartner memprediksi tak lebih dari lima...
* Cisco Perbarui Pelajaran Jejaring Komputer
JAKARTA, Netsains. Kabar baru bagi mereka yang berkecimpung di arena jejaring komputer. Cisco melakukan update untuk pelajaran IT Essentials yakni PC...
* 10 Teknologi Perintis Komputer Masa Kini
Komputer canggih yang kita nikmati saat ini bukanlah hasil kerja satu orang saja. Peranti pintar itu merupakan hasil kerja gotong...
* Open Source dengan Singularity Project
Kondisi Teknologi Informasi (TI) sekarang ini berbeda dengan 30 tahun yang lalu . Hal yang paling terasa adalah kemampuan komputasi...

Anak-anak dan komputer, makin lama makin sulit dipisahkan. Sekolah yang mengajarkan komputer pada anak-anak juga kian menjamur. Sayangnya para pengajar atau penyusun materi ajar komputer untuk anak-anak, sering tidak sadar meracuni anak-anak ini, yakni dengan menggunakan peranti lunak bajakan.

Padahal banyak sekali program Open Source untuk anak-anak. Pada prinsipnya dalam memperkenalkan komputer ke anak-anak, yang diutamakan adalah anak-anak belajar konsep komputasi dan pemecahan masalah secara logis dan algoritmis misal dengan menggunakan komputer. Mereka tidak perlu atau malah tidak cocok kalau harus belajar program yang biasa digunakan orang dewasa yang sebetulnya digunakan untuk lingkungan kantoran.

Mungkin masih ingat dengan bahasa pemrograman LOGO yang digunakan untuk anak-anak. Di sinilah kesalah kaprahan yang juga terjadi dalam pengajaran perangkat lunak ke anak SD di Indonesia.

Program Anak-anak

Berikut ini beberapa perangkat lunak permainan edukatif yang bersifat Open Source. Cocok mulai dari anak usia pra TK. Permainan ini saya cobakan ke Madhava, putra saya, sejalan dengan perkembangan usianya. Dia cukup menikmati untuk bermain dengan permainan tersebut. Permainan itu antara lain :

Pysycache [http://www.pysycache.org/], permainan ini sangat simpel karena ditujukan untuk anak-anak pra TK untuk mengenal bagaimana mengoperasikan mouse, keyboard sembari bermain. Pada permainan ini terdiri dari berbagai aktifitas sederhana misal puzzle, mencari obyek dan sebagainya. Si kecil dengan cepat dapat memahami permainan ini dan sibuk dengan permainan ini. Bahkan Anda dapat mengubah atau memodifikasi permainan ini dengan mudah. Si kecil sibuk bermain, ortu juga sibuk mengubah permanian ini. Permainan komputer jangan sampai digunakan sebagai substitusi orang tua, sebaiknya malah dimanfaatkan sebagai perekat antara si kecil dan orang tua. Permainan ini memberikan kesempatan itu.

Gcompris [http://gcompris.net/], permainaln edukatif ini terdiri dari beberapa akfititas yang ditujukan untuk anak usia 2 hingga 10 tahun. Beberapa aktifitas ini berupa permainan tetapi memiliki nilai edukasi. Dari permainan yang memperkenalkan komponen komputer,belajar matematika, belajar ilmu alam, belajar cara kerja mesin sederhana, bermain musik, peta buta, bermain ingatan, belajar membaca jam, juga bermain catur. dan sudo serta program misal untuk menggambar membuat kartun. Karena program ini tersedia bebas termasuk source codenya, banyak orang tua, guru-guru dan dosen yang turut aktif mengembangkan permainan dan menyumbangkan aktifitas. Hingga saat ini sudah mencapai 100 aktifitas.

Karena tersedia source code-nya, maka Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, gambar latar belakang, suara dalam bahasa (nikmati efek yang dihasilkan ketika si kecil mendengar permainan itu menggunakan suara orang tuanya), dan sebagainya. Jadi bukan saja si kecil yang bermain, Anda pun dapat bermain dengan source code program ini.

Bila Anda sudah mulai mengenalkan pemrograman, maka pilihan untuk itu adalah Squeak [http://www.squeak.org] yang merupakan lingkungan pemrograman berbasiskan Smalltalk (lingkungan OOP lengkap pertama). Squeak ini telah dikembangkan dan juga menjadi Etoys [http://www.squeaklang.org] yang digunakan untuk mengajari pemrograman anak-anak SD di luar negeri. Negara tetangga Singapura telah menggunakannya di SD. Tidak heran Squeak ini memiliki fondasi yang kuat, karena dikembangkan oleh Alan Kay.

Tentu saja masih berlimpah ruah permainan anak-anak yang bersifat bebas dan legal. Baik permainan yang untuk sekedar bersenang-senang atau permainan eduakatif. Pilihannya hanya di kita, para orang tua dan pengajar.

Workshop

Workshop Computer Kids
Workshop Computer Kids Lebih Aplikatif
Sebagai program rutin tiap bulannya Computer Kids kembali menggelar workshop untuk anak. Bedanya dari workshop sebelumnya, materi yang diangkat pada workshop kali ini lebih aplikatif.

Anak-anak tidak sekedar bermain komputer namun anak-anak akan dibimbing untuk menyalurkan bakatnya dan menciptakan karya-karya yang bermanfaat melaui komputer. Pribadi anak adalah pribadi yang sangat unik dan selalu mempunyai rasa igin tahu yang tinggi. Usia anak-anak merupakan usia perkembangan untuk membentuk pribadi yang tangguh dan selalu peka terhadap perkembangan teknologi. Program ini merupakan salah satu media pendorong untuk menggerakkan kreatifitas, psikomotorik serta kemampuan intelektualnya di usia perkembanganya.

Untuk itu pada tanggal 21-22 April lalu Hi-Tech Mall bekerja sama dengan BSW-Gramedia dalam rangka pembelajaran Teknologi Informasi pada usia dini kembali menggelar workshop gratis dengan tema “Terampil Menggunakan Komputer”.
Berbagai materi menarik, kratif dan aplikatif diberikan pada workshop ini. Materi akan dibagi menjadi beberapa kelompok usia. Untuk kelompok Play Group –TK dengan materi Millie`s Math House, yaitu software yang memberikan logika kepada anak-anak khususnya di bidang Matematika. Untuk kelompok SD kelas 1,2 akan diberikan materi Animated Beginning Typing yaitu aplikasi mengetik 10 jari yang benar. Kelas 3 dan 4 berkreasi dengan komputer grafis misalnya membuat desain ’Jadwal Pelajaran’ sendiri hingga membuat ’Kartu Ucapan’. Dan Untuk kelas 5,6 mereka akan diajak berkreasi membuat bingkai foto digital dengan program pengolah foto digital.

Kualifikasi pengajar

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk Tenaga Pengajar dibagi menjadi
2 , yaitu :


Kualifikasi I :

- Menyenangi dan memahami dunia anak
- Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris Aktif
- Memiliki pengalaman mengajar formal maupun non-formal
- Mampu mengoperasikan komputer


Kualifikasi II :

- Menyenangi dan memahami dunia anak
- Memiliki kemampuan trouble shooting komputer

Yayasan komputer

Klien GPSJAKARTA Consulting adalah sebuah Yayasan yang bergerak
dalam bidang pengajaran komputer untuk anak, memiliki beberapa
Learning Center dan bekerjasama dengan sekolah-sekolah dalam
pengadaan kurikulum dan tenaga pengajar. Pada saat ini sedang
membutuhkan beberapa Tenaga Pengajar Komputer untuk anak-anak dan
akan ditempatkan di lokasi sekolah yang menjalin kerjasama.

Les komputer

Katalog Produk: Guru Les Komputer untuk Anak [23 May. 2008, 2:06:26]
Negara Asal: Indonesia
Harga: mulai Rp75,000/2 jam
Cara Pembayaran: Transfer Bank (T/T), Tunai
Kemas & Pengiriman: Per Paket
Keterangan: Kami datangkan instruktur ke tempat anda. Dapat dipanggil privat untuk mengajar anak-anak anda di rumah, dengan suasana belajar yang kekeluargaan, dengan jadwal yang anda tentukan sendiri. Sudah banyak pelanggan yang puas dengan layanan kami. Harga terjangkau.
Untuk tingkat lanjutan pendidikan dapat dilakukan dengan jarak jauh dimana anak-anak cukup online dari rumah/warnet.
Materi pelatihan: Pengenalan Komputer, Perakitan Komputer, MS-Windows, MS-Word, Programming, Database, Website, Pengenalan Internet, dll.

ono purbo

Komentar Untuk Kurikulum Komputer TK, SD, SMP, SMU

Onno W. Purbo
onno@indo.net.id

Secara umum, pengalaman saya sebagai dosen di ITB, sebuah kurikulum sebetulnya amat sangat subjektif & sangat tergantung kepada tujuan si perancang kurikulum & si pendidik dalam menyampaikan materi-nya kepada siswa.

Saya pribadi mempunya style tersendiri dalam menyampaikan materi & biasanya banyak saya sembunyikan dalam tugas kepada mahasiswa saya di ITB. Selama saya di ITB, saya mengajar tidak mengikuti kurikulum di ITB, memang judul kuliah di berikan oleh pimpinan, tapi isi materi suka-suka saya.

Terlepas dari itu semua, saya membaca materi / kurikulum yang diberikan, terus terang sebetulnya dalam hati kecil saya … saya geli sendiri kalau saya bandingkan dengan kemampuan anak-anak saya, karena kurikulum yang diberikan sangat ketinggal jauh di bandingkan kemampuan anak-anak saya. Untuk memberikan beberapa contoh bagaimana tertinggalnya kurikulum yang di ajukan, antara lain,

• Pada saat anak saya yang berumur dua (2) tahun, dia sudah mulai mengenal mouse dan dapat menjalankan mouse untuk melalukan navigasi di komputer. Mouse adalah alat navigasi pertama yang akan digunakan oleh seorang anak. Padahal di kurikulum baru akan di ajarkan di kelas I SD.
• Pengenalan peralatan / hardware komputer mulai di lakukan sejak anak saya berumur empat (4) tahun, karena takut merusak komputer pada saat shutdown sembarangan dll. Padahal di kurikulum baru di ajarkan kelas 1 / 2 SD.
• Pada saat anak saya kelas TK B, dia sudah bisa menginstall software mainannya sendiri tanpa kesulitan yang berarti. Padahal dikurikulum baru akan di ajarkan kelas 1 SMU.
• Pada saat anak saya kelas 3 SD, dia sudah biasa surfing di Internet & sangat faham teknik mencari informasi di Internet. Dia juga sudah mulai mempunyai e-mail tapi kesulitan untuk mencari lawan ber-email-nya karena tidak banyak anak Indonesia yang berada di Internet pada usia semuda itu. Padahal ini baru di ajarkan kelas 5 SD.
• Pada saat anak saya kelas 4 SD, dia sudah biasa menulis di MSWord & Excel dari hasil dia surfing di Internet. Padahal ini baru akan di ajarkan di SMP & SMU.
• Pada saat anak saya kelas 6 SD, network gaming merupakan bagian integral dari dia. Game strategi seperti Red Alert merupakan game mengasah otak untuk perkembangan otaknya dalam berstrategi & keberanian mengambil resiko.

Hal di atas juga ternyata terjadi pada teman-teman anak-anak saya. Bahkan beberapa di antaranya sudah bisa memaintain sendiri komputer-nya & mengoperasikan server Linux pada saat mereka kelas 6 SD.

Dalam interaksi saya dengan SMP & SMU Lab. School di Jakarta, tampaknya topik hacking merupakan topik yang mereka cari-cari dari komputer selama ini. Dalam beberapa kali kesempatan berinteraksi dengan para siswa SMP & SMU, mereka perlu mengaktualisasi dirinya … menjadi hacker adalah idaman banyak anak SMP & SMU di banyak tempat (bukan hanya Lab. School). Akibatnya topik-topik berat seperti arsitektur komputer, arsitektur jaringan komputer, teknik programming, teknik instalasi server, teknik instalasi jaringan adalah materi normal baru anak-anak SMU kelas 1 & 2 yang ingin sekali menjadi hacker. Saya seringkali berinteraksi dengan mereka melalui e-mail & beberapa di antaranya telah menginstall server & WLAN di rumahnya.

Sebetulnya sebuah kurikulum yang baik, tidak perlu memisahkan komputer dengan perajaran lainnya, tapi malah menjadikan komputer sebagai bagian integral dari proses belajar mengajar. Komputer juga digunakan di pelajaran ipa, dipelajaran bahasa indonesia, di pelajaran agama, di pelajaran matematika dll. Contohnya bisa dilihat di http://www.yahooligans.com. Komputer sebetulnya hanya alat bantu & harusnya dapat membantu semua mata pelajaran, tidak perlu dipisahkan menjadi pelajaran sendiri.

Kesulitan utama yang ada semuanya sebetulnya berada di tangan guru. Beberapa hal yang perlu di perhatikan:
• Guru harus menguasai betul materinya, ini biasanya berat karena teknologi informasi & komputer berkembang sangat pesat.
• Guru yang baik tidak akan terikat pada kurikulum karena kurikulum akan selalu ketinggal jaman.
• Guru yang baik akan selalu mengajak siswanya bermain dengan peralatan komputernya, walaupun sebetulnya proses pembentukan siswa terjadi.
• Guru yang baik akan selalu mengajak siswanya untuk menjadi produsen pengetahuan; mencoba, merangkum, menganalisis & terakhir menulis hasil pencarian ilmunya di Internet.
• Tingkat kesulitan menjadi guru demikian sangat tinggi, memang dibutuhkan skill & pengetahuan yang dalam.

Sayangnya banyak orang tua, guru & para ahli yang kurang mengerti potensi dari anak didiknya. Mereka banyak yang mempunyai kemampuan tinggi, sangat di sayangkan jika mereka tidak bisa di fasilitasi untuk menjadi maju.

Thursday, January 22, 2009

Link tes toeic online

www.english-test.com
www.rumahbahasa-online.com/programs.htm
http://englishland.or.id/05-toeic_preparation/toeic.htm (bagus)
http://www.4tests.com/training/ (materi)
http://www.4tests.com/exams/questions.asp?exid=10157104&nqid=0&qc=0 (toeic tes)
http://www.english-test.net/toeic/vocabulary/words/027/toeic-test.php
http://dee-nesia.blogspot.com/2008/11/materi-listening-bahasa-inggris-ujian.html
http://kalenderbeasiswa.com
http://www.britishcouncil.org/id/